cool hit counter

PDM Kabupaten Bireuen - Persyarikatan Muhammadiyah

 PDM Kabupaten Bireuen
.: Home > Berita > Warga Muhammadiyah Samalanga Berduka: Balai dan Tiang Masjid Taqwa Muhammadiyah yang Baru Dibangun Dibakar Orang

Homepage

Warga Muhammadiyah Samalanga Berduka: Balai dan Tiang Masjid Taqwa Muhammadiyah yang Baru Dibangun Dibakar Orang

Rabu, 18-10-2017
Dibaca: 757

 

Malam ini (Selasa, 17/10/2017) kesedihan menerpa warga Muhammadiyah Samalanga, Bireuen, Aceh. Balai dan tiang Masjid Taqwa Muhammadiyah Samalanga yang baru dibangun dibakar oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

 

Sekitar pukul 20 (WIB) balai dan tiang yang sudah di bangun dibakar orang yang tidak bertanggung jawab.

 

 

Pertentangan pembangunan Masjid Taqwa Muhammadiyah di Bireuen, untuk kali kedua terjadi. Sebelumnya telah terjadi di Kecamatan Juli, alhamdulilah sudah bisa diselesaikan dan saat ini sudah mulai jalan pembangunan.

 

Sekarang, masalah yang sama terjadi di Kecamatan Samalanga. Padahal, prosesnya sudah cukup lama dimulai, 3 tahun yang lalu, dimulai dengan pembebasan tanah 2700m dengan wakaf tunai jamaah Muhammadiyah hingga bersertifikat tanah Persyarikatan Muhammadiyah,  pengurusan IMB, pembuatan talut dan jalan menuju lokasi lahan mesjid, pembersihan lahan, sampai pembuatan arah kiblat oleh Kemenag Bireuen.

 

Selama proses itu tdk terjadi masalah apa-apa. Pergerakan penentangan mulai digalang oleh kalangan dayah (pesantren) yang ada di Samalanga, yang menyebut dirinya Aswaja, ketika akan dimulainya pembangunan mesjid dengan menghadirkan Prof. Dr. Din Syamsuddin, pada saat kehadiran Pak Din di Bireuen untuk khutbah Idul Adha kemarin.

 

Pada kesempatan itu, Pak Din batal datang ke Samalanga untuk acara peresmian dimulainya pembangunan Masjid Taqwa Muhammadiyah Samalanga, sehingga acara tersebut kemudian di pindah ke Masjid Taqwa Muhammadiyah Bireuen.

 

1 bulan setelah cooling down, untuk mengurangi eskalasi penentangan kaum Aswaja, warga Muhammadiyah kemudian mulai bergotong royong lagi untuk memulai pembangunan Masjid. Dimulai dengan membangun tapak tiang Masjid sejak minggu lalu.

Hari ini (Selasa, 17/10) mulai membangun tiang Masjid. Ternyata malamnya sudah ludes dibakar…. (Ad./ sumber&foto: Ketua PDM Bireuen)

 

 

 

 

link berita online:

http://www.modusaceh.co/news/balai-yang-dibangun-pengurus-muhammadiyah-dibakar-otk/index.html

http://sangpencerah.id/2017/10/masjid-milik-muhammadiyah-dibakar-di-bireuen-aceh/

 

Peristiwa Masjid Taqwa Muhammadiyah Kecamatan Juli, Kab. Bireuen:

http://mediaindonesia.com/news/read/49980/pemkab-bireun-dukung-pembangunan-masjid-muhammadiyah/2016-06-09

https://www.ajnn.net/news/kemenag-bireuen-larang-masjid-muhammadiyah-berdiri-di-juli/index.html

https://www.goaceh.co/berita/baca/2016/06/11/ini-kata-kakankemenag-bireuen-soal-masjid-muhammadiyah-di-juli#sthash.t91aEbxj.dpbs

https://www.goaceh.co/berita/baca/2016/06/09/kankemenag-sempat-menolak-rekomendasi-pembangunan-masjid-di-juli#sthash.bFP3vl4b.dpbs

https://news.detik.com/berita/3228468/pemuda-muhammadiyah-protes-larangan-pembangunan-masjid-muhammadiyah-di-bireuen

http://www.lintasnasional.com/2016/06/10/selesaikan-kasus-bireuen-muhammadiyah-akan-temui-kapolri-dan-menag/


Tags: Masjid Taqwa Samalanga, Pembangunan Masjid Taqwa Muhammadiyah
facebook twitter delicious digg print pdf doc Kategori: Berita PDM Bireuen Aceh



Arsip Berita

Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website